Minggu, 23 April 2017

Tugu Pahlawan, Ikon Kota Suroboyo

Teman-teman tau, Tugu Pahlawan itu sebenarnya monumen apa?
Pasti sudah pada tau ya, Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November di Surabaya, di mana arek-arek Suroboyo berjuang melawan pasukan sekutu bersama Belanda yang hendak menjajah kembali Indonesia. (sumber wikipedi)

 Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang menjadi markah tanah Surabaya. Tinggi monumen ini adalah 41,15 meter dan berbentuk lingga atau paku terbalik. Tubuh monumen berbentuk lengkungan-lengkungan (Canalures) sebanyak 10 lengkungan, dan terbagi atas 11 ruas. Tinggi, ruas, dan canalures mengandung makna tanggal 10, bulan 11, tahun 1945.(sumber wikipedia)


 Monumen ini merupakan icon kota Surabaya sebagai kota Pahlawan

Seperti di alun-alun kota, setiap week end atau hari libur, area Tugu Pahlawan akan menjadi tempat berkumpulnya warga Surabaya yang hendak sekedar joging, olahraga pagi, foto-foto, bermain hingga belanja (karena ada pasar tumpah yang terkenal dengan nama TP5).

tanah lapang yang luas, cocok untuk bermain sepak bola

Sisa-sisa reruntuhan bangunan sering dijadikan latar belakang foto 

Sekeliling Tugu Pahlawan juga ditanami pohon dan tumbuhan berbunga, jadi cocok untuk sekedar melepas penat di akhir pekan

 
Mau foto dengan latar gedung dan langit biru kota Surabaya, serta ornamen lampu taman yang cantik? Di Taman Tugu Pahlawan dong...


  Ini monumen makam pahlawan tak dikenal di area Tugu Pahlawan

Ada sarana edukasi juga berupa musium sepuluh noember

Jangan lewatkan untuk berkunjung di Monumen Tugu Pahlawan jika ke Surabaya.
Jika mau foto tanpa penampakan pengunjung , maka hindari berkunjung di kala week end ataupun hari libur ya man... teman.

Surabaya memang keren lo... 
Tugu Pahlawan memang tempat yang keren

Penulis : Menik Pratiwi W
Beberapa informasi diambil dari id.wikipedia.org
Foto merupakan hasil karya penulis

1 komentar: